Penggemukan Sapi Bali (Sapi Lokal) Di Desa Naekake A

Naekake A, Senin,5/12/2016. Salah satu potensi Desa Naekake A adalah sapi Lokal. Pada Umumnya Masyarakat Naekake menternakkan: ayam, kambing, babi dan sapi. Sapi digembalakan di padang rumput luas ditepi hutan (semak), di pinggir jalan dan di area kering dan tandus. Babi, kambing dan ayam biasanya berkeliaran/mencari makan di sekitar desa/kampung.

Peternakan Sapi Lokal ini sangat baik Namun kondisi alam dimaksud seharusnya menjadi tantangan menguntungkan bagi system produksi sapi di Timor. Usaha Penggemukan system Paron Usaha pemeliharaan sapi sistem paron bukanlah sebuah usaha yang sulit, bahkan mulai bangkit sebagai peluang usaha yang menjanjikan. System pemeliharaan secara paron membuat sapi cepat gemuk dan harga cepat melonjak.

Namun yang menjadi kendala adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran untuk menanam tanaman sumber makanan ternak. Hal ini sangat penting karena masyarakat yang tidak memiliki sapi tetapi memiliki tumbuhan makanan dapat memelihara sapi orang lain (pengusaha) dengan system bagi hasil. Dengan demikian, ekonomi masyarakat miskin akan terdongkrak dengan sendirinya.

Usaha Penanaman Tumbuhan sumber makanan Sapi Kekeringan yang panjang dan kebakaran luas pada musim kemarau telah menyadarkan petani peternak untuk tidak bergantung pada padang rumput sebagai makanan pokok hewan. Ada beberapa jenis semak /pepohonan yang dipilih sebagai alternatif dalam produksi ternak di Timor:

Facebook Comments

Selamat Natal & Tahun Baru 2016

3 Comments

Tinggalkan Balasan