Kacang Tanah Komoditas Unggulan Desa Naekake A

Minggu, 4/12/2016. Pemerintah Desa Naekake, A , Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi NTT, sangat berpotensi dengan salah satu komoditi kacang tanah untuk menjadi produk unggulan, karena prospeknya bagus, disini, areal perkebunannya cukup luas.

Disamping tanaman padi sawah tadah hujan yang luasnya belasan ribu hektare dan padi Ladang Puluhan hektare itu cukup bagus apabila dikembangkan palawija kacang tanah menjadi produk unggulan, kata, Milikhior Kebo, Kepala desa Naekake A, saat dikonfirmasi di kediamannya pada, Minggu, 04/12/2016.
Menurut dia, ketersediaan lahan bahan baku perkebunanan tadah hujan sangat berpotensi dimanfaatkan sebagai areal pengembangan kacang tanah dan hal tersebut pernah dilakukan petani disini.

Kita akan sampaikan pada Dinas Pertanian untuk melakukan survey kembali kawasan-kawasan yang berpotensi untuk pengembangan kacang tanah, paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, sebagian besar petani yang masih menggeluti budidaya kacang tanah tidak menjualnya ke pasar karena harga yang tidak cocok, sehingga minat sebagian petani masih bertahan membudidayakan kacang tanah perlu di dukung.

Upaya tersebut juga kata dia, sebagai program pemerintah dalam percepatan pembangunan daerah tertinggal karena mayoritas petani yang bertahan mengembangkan kacang tanah.

 

Facebook Comments

Selamat Natal & Tahun Baru 2016

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan