TRADISI PETANI DI DESA NAEKAKE A

img_1296
Ke Ladang

NAEKAKE A, Senin, 28 – 11 – 2016. Awal musim penghujan Masyarakat Desa Naekake A, tidak ada dirumah melainkan sibuk di kebun, walaupun Perubahan iklim merupakan gejala alam yang telah terjadi di tingkat global, regional, maupun lokal. Salah satu dampaknya adalah perubahan awal dan akhir musim tanam yang sangat berpengaruh terhadap pola tanam, luas tanam, dan produksi tanaman.Akibat perubahan iklim, hampir setiap tahun petani berhadapan dengan pergeseran musim terkait dengan perubahan pola curah hujan.

Romualdus Bani (39) salah satu warga Desa Naekake A mengemukankan bahwa pada awal musim hujan semua petani tidak berada di rumah melainkan ada di kebun untuk tanam. Ungkapnya.
dengan kondisi hujan yang tidak menentu, maka kami petani harus lebih serius untuk tanam padea awal musim penghujan ini”.
Eduardus M. Kuil (24) Kepala Urusan (Kaur) Pendataan dan Evaluaessi mennyatakan bawah Pemerintah Desa Sampai Pemerintah Pusat harus serius memperhatikan persoalan ini, untuk pempertahankan Ketahanan Pangan. Kuil menegaskan kepada Masyarakat Desa Naekake A, supaya berjaga-jaga kebutuhan makanan setiap hati. Pungkas. AND

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*