Sumber Kehidupan Pada Musim Kemarau

img_1366
Sumber Mata Air (Oel Tali)

Desa Naekake A, Minggu, 28/11/2016. Air minum merupakan kebutuhan yang paling utama bagi kehidupan selain makan. orang bisa bertahan hidup 1 hari tidak makan yang penting ada air minum. salah satu sumber air di Dusun Tali yang di kenal dengan Nama (Oel Tali). sumber mata air ini yang bisa menghidupkan masyarakat Dusun Tali dan Desa Naekake A Kecamatan Mutis menikmati air dari Oel Tali ini.

Martha Nanis (40) warga dusun Tali yang rumahnya di depan sumber Mata Air (Oel Tali) ini mengemukakan bahwa sumber mata air ini tidak pernah kering biarpun musim kemarau panjang. sumber mata Air ini bertahan hingga musim penghujan tiba. Ungkapnya

‘ Oel Tali, tiap hari kami barampas untuk dapat air minum (air bersih). kami bangun harus jam 3 pagi baru bisa dapat air. kalau terlambat tidak bisa dapat. kami susah dengan air minum”

Eduardus M. Kuil (24) Kepala Urusan Pendataan dan Evaluasi melalui Telepon genggamnya menyampaikann untuk menangani kebutuhan air minum desa Naekake A, ada jaringan perpipaan yang bersumber dari Mutis yang dikerjakan pada tahun 2008 dengan besar pipa 1.5 dim. ini juga tidak cukup untuk kebutuhan masyarakat Desa Naekake A.

” Pemerintah Desa akan memperjuangkan kebutuhan air minum dan akan mengangarkan lewat Dana Desa, akan tetapi pemerintah daerah dan pemerintah pusat bisa membantu kami untuk memenuhi kebutuhan air di Desa kami.  Pungkas. ADN

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*